Menggali Konsep Predestination Paradox dan Ketidakmungkinan Perjalanan Waktu.

Mungkinkah Predestination Paradox menghentikan kejadian mengerikan di masa lalu?

Bisakah kita menyelamatkan JFK dari pembunuhan?

Bisakah kita membunuh Hitler sebelum ia berkuasa agar tidak terjadi Genosida terhadap bangsa Yahudi?

Bisakah kita menghentikan perang dunia dan semua kejadian yang tercatat dalam sejarah?

Predestination Paradox tidak mungkin berhasil mencegah peristiwa bersejarah masa lalu karena memang sudah ditakdirkan untuk terjadi.

Apa itu Predestination Paradox?
Predestination Paradox mengacu pada fenomena di mana seseorang melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, menjadi bagian dari kejadian-kejadian masa lalu, dan bahkan mungkin telah menyebabkan kejadian awal yang menyebabkan orang tersebut melakukan perjalanan kembali ke masa lalu.

Inti dari Predestination Paradox ini adalah bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan (predestined), dan tidak dapat diubah karena sejarah telah mencatat bahwa suatu kejadian pasti akan terjadi dan tidak bisa dirubah. Predestination Paradox didesain untuk menciptakan kejadian yang sama sebagaimana seharusnya.

Dalam paradoks perjalanan waktu ini, sejarah disajikan sebagai sesuatu yang tak dapat diubah dan mencoba mengubah masa lalu justru memicu peristiwa yang sama.

Konsep Predestination Paradox adalah Konsep Perjalanan Waktu
Paradox dalam time travel adalah suatu kontradiksi nyata atau logis yang berkaitan dengan gagasan waktu dan perjalanan waktu atau time travel.

Ya, time travel sangat terkait dengan paradoks, salah satunya adalah Predestination Paradox atau paradoks predestinasi. Sesuai dengan namanya, predestinasi dapat diartikan sebagai takdir atau yang sudah digariskan.

Katakanlah kamu dapat menciptakan mesin waktu dan kembali ke masa lalu. Seharusnya, kamu tidak akan bisa mengubah sejarah yang sudah ditakdirkan. How Stuff Works dalam lamannya menjelaskan bahwa jika nekat untuk mengubah sejarah yang telah ditakdirkan, kamu justru akan terjebak pada kondisi perputaran waktu yang tak akan pernah berhenti. Dengan kata lain, kamu tidak ditakdirkan untuk melakukan perjalanan waktu untuk mengubah sejarah, melainkan kamu telah digariskan untuk gagal berulang-ulang dalam putaran waktu yang tanpa batas.

Mungkinkah “Perjalanan Waktu” itu terjadi?
Banyak ilmuwan besar yang menganggap perjalanan waktu itu tidak mungkin atau tidak boleh terjadi. Salah satunya adalah Stephen Hawking, seorang genius yang sangat tidak percaya pada time travel. Ia terus berusaha membuktikan kalau time travel itu tidak mungkin dilakukan.

Stephen Hawking pernah mengeluarkan pertanyaan yang sangat terkenal, yang bertujuan untuk membungkam orang yang terobsesi dengan membuat mesin waktu. Pak Hawking bilang begini:

“Kalau mesin waktu ada, dan time travel itu bisa diciptakan, mengapa kita belum menjumpai turis yang datang dari masa depan? Seharusnya turis-turis sekarang sudah membanjiri zaman ini, datang dari masa lalu untuk mengambil foto. Mengapa belum ada seorang pun?

Pendapat Pak Hawking didukung oleh Isaac Newton. Pak Newton mengatakan bahwa waktu bagaikan anak panah yang ditembakkan, ia melaju searah dan tetap. Jam berdetak sama cepatnya dimanapun di jagat raya ini.

Dalam eksplorasi konsep perjalanan waktu dan predestination paradox, kita terdampar pada pertanyaan mendalam tentang alam semesta dan takdirnya. Meskipun kita bisa membayangkan mengubah masa lalu untuk mencegah tragedi, konsep predestination paradox menimbulkan keraguan tentang kemungkinan itu.

Karya Millaty
Sebagai penugasan di kelas webinar intensif Portofolio Nulis: Membuat Artikel SEO untuk Pemula pada 25 Maret 2024.

| Editor : Vanessa Natalie Aritonang


Referensi
https://www.idntimes.com/science/experiment/dede-surya-pradipta/4-paradoks-ini-akan-terjadi-jika-time-traveling-benar-benar-nyata-c1c2?page=all
https://www.idntimes.com/science/experiment/dio-sugiharto/ini-4-alasan-logis-kenapa-time-travel-mustahil-dilakukan-c1c2
https://academickids.com/encyclopedia/index.php/Predestination_paradoxhttps://idnpacific.com/paradox-perjalanan-waktu/
https://www.astronomytrek.com/time-travel-the-predestination-paradox-explained/
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004633303/paradox-time-traveler-ah-semua-makin-rumit-sini-gan-penjelasannyahotbaca-dulu
https://backtothefuture.fandom.com/wiki/Predestination_paradox
https://www.idntimes.com/science/discovery/dahli-anggara/paradoks-terkenal-dalam-sains-c1c2?page=all